STEP BY STEP



Langkah demi Langkah Untuk menjadi Au-Pair di Jerman

Persiapan kemampuan Bahasa
Seperti telah di jelaskan di Bab sebelumnya, untuk dapat menjadi Au-Pair kita harus memiliki sertifikat bahasa Jerman minimal level A1. Namun demikian dalam pencarian keluarga asuh, kemampuan bahasa Jerman yang baik dapat menjadi nilai positiv yang sangat memudahkan kita mencari keluarga asuh.

Profil Au-Pair
Profil Aupair adalah CV kita untuk dapat mencari keluarga Asuh di Jerman. Dalam pembuatan profil Au-pair yang di perlu di perhatikan adalah bagaimana caranya kita dapat memberikan gambaran diri kita sesuai dengan keinginan keluarga asuh. Seandaikata calon keluarga Asuh kita adalah keluarga yang tidak merokok, maka kita perlu menekankan di dalam profil kita bahwa kita bukanlah perokok. Dan seandainya Keluarga asuh kita orang yang gemar berolah-raga, buatlah profil Au-Pair yang menunjukan bahwa kita adalah orang yang gemar berolah-raga.

"Au-Pair bukanlah sebuah program dari suatu institusi tertentu. Tidak ada ketentuan kapan kamu harus mendaftar atau mencari keluarga asuh."

Surat Motivasi
Surat Motivasi merupakan bagian dari Profil Aupair yang telah di sebutkan diatas. Tujuan surat motivasi adalah memberikan gambaran diri kita kepada Keluarga Asuh sehingga mereka dapat menentukan apakah motivasi kita sama dengan harapan mereka.
Informasi yang harus ada di dalam surat motivasi diantaranya:

  • —  Informasi Diri
  • —  Mengapa mengikuti Program Aupair
  • —  Mengapa Jerman
  • —  Cerita singkat tentang kota asalmu atau negara asalmu
  • —  Pengalaman mengasuh Anak
  • —  Pengalaman Tambahan
  • —  Mengapa kamu yang harus terpilih!!
Surat motivasi sebaiknya tidak terlalu panjang. Sebaiknya tidak lebih dari dua lembar saja. Dalam menulis kemampuan kita, kita sebaiknya tidak terlalu merendah. Surat motivasi adalah layaknya informasi produk. Semakin menarik informasinya, semakin tertarik pula orang untuk membelinya.

Terus bagaimana caranya membuat surat motivasi yang baik? paling mudah adalah... cari teman orang Jerman dan minta bantuanya untuk membuat surat motivasi dalam bahasa jerman. Lalu cari dimana teman orang Jerman? bisa di tempat kursus bahasa atau dari facebook :)

Mencari Keluarga Asuh
Setelah kita memiliki Profil Aupair, selanjutnya yang harus dilakukan adalah menghubungi agen-agen Au-pair di Jerman.  Beberapa Au-pair agentur yang dapat di coba diantaranya:

"Selain AupairIndo, banyak sekali agen-agen aupair di Jerman yang menawarkan jasa pencarian keluarga asuh. Setiap agen memiliki prosedur masing-masing, akan tetapi biasanya dokument yang di minta tidak berbeda dari AupairIndo" 

Au-Pair Agentur 


Facebook:

https://www.facebook.com/multikultur


Webpage:

http://www.aupair-ruth.de/

http://www.greataupair.com/

http://www.aupair-vermittlung.de

http://www.web-aupair.net/

www.aupair-world.net 

www.au-pair-job.de  

www.au-pair-vij.org

http://www.au-pairs.de/


Perlu diingat Aupair agentur di jerman tidak menarik biaya. Mereka mendapatkan keuntungan dari keluarga-keluarga asuh yang membutuhkan aupair. Dari karena itu agen Aupair di jerman biasanya tidak terlalu perduli apakah kita cocok dengan keluarga asuh. Semakin cepat mereka menyalurkan kita ke keluarga, semakin cepat pula mereka mendapatkan keuntungan. Dari sini lah kita perlu lebih selektiv dalam mencari keluarga asuh.

Pengurusan Visa
Setelah mendapatkan keluarga asuh, mereka nantinya akan mengirimkan kita salinan dari kontrak kerja kita, dan juga undangan untuk menjadi aupair. Surat ini harus kita bawa ketika kita mengaplikasi Visa di Jakarta. Selain itu kita juga memerlukan Passpor, dan uang pendaftaran. Dan tidak lupa pula untuk menunjukan bukti pemesanan tiket pesawat serta foto diri terbaru.
Dari berbagai prosedur pendaftaran Au-pair hanya pengurusan visa saja yang tidak dapat di wakili. Sebelum mengurus visa sebaiknya teman-teman mengikuti kursus singkat selama seminggu untuk memperlancar kemampuan percakapan kita. Hal ini diperlukan untuk dapat lulus dari tahap interview dalam pembuatan visa.
Pengurusan Visa Au-pair memakan waktu kurang lebih satu sampai tiga bulan. Oleh karena itu persiapan waktu yang cukup adalah sebuah keharusan.

Detail bagaimana proses pembuatan Visa Nasional (+90 Hari) bisa di lihat disini