Direkt zum Hauptbereich

10 Universitas Terbaik Jerman 2013

Klick untuk Bergabung
Sejak saya mulai aktiv menulis artikel tentang study di Jerman, banyak pertanyaan masuk kesaya mengenai universitas di Jerman. Kebanyakan dari mereka bertanya "Universitas di Jerman yang paling bagus dimana sih mas?" maklum ketika kita masih di Indonesia kita senantiasa di tekan untuk bisa masuk ke universitas terbaik. Padahal universitas di Jerman kualitasnya tidak jauh berbeda satu-sama lain. Akan tetapi, mencoba untuk melegakan kehausan akan informasi teman-teman semua, iniliah ulasan kita kali ini di AupairIndo: 10 Universitas Terbaik Jerman 2013 versi CHE (Centrum für Hochschulentwicklung) 

1. RWTH Aachen
Gedung Utama RWTH Aachen
Mantan president kita Insinyur Habibie adalah salah satu alumni universitas ini. Aachen menempati posisi terdepan di semua disiplin ilmu technik. Hal ini memang sudah menjadi cita-cita dari Rheinisch-Westfälischen Technischen Hochschule (RWTH), yang termasuk dalam deretan pendek universitas-universitas ELITE die Jerman. Dengan konsep baru mereka yang berorientasikan masa depan (RHTW 2020) Universitas ini telah menetapkan target, hingga akhir decade ini untuk dapat menjadi universitas tehnik dengan integritas interdisipliner terbaik diseluruh dunia.  Hal ini juga di dukung oleh pemerintah Jerman dengan bantuan finansial dibawah program Exzellenz Initiative. RWTH Aachen, berhasil meraih posisi pertama di disiplin ilmu: Informatik, Tehnik Elektro, Ilmu-ilmu pengetahuan Alam, Tehnik Mesin, dan Ilmu-Ilmu Ekonomi. Sayangnya di jurusan akuntansi RWTH hanya berhasil menempati posisi ke dua belas.

2. Uni Mannheim
Uni Mannheim adalah salah satu universitas termuda di Jerman. Baru di tahun 1967 Uni Mannheim diangkat statusnya menjadi suatu Universitas. Sebelumnya Uni Mannheim adalah sekolah tinggi perdagangan. Dikarenakan sejarahnya yang berkaitan dengan disiplin ilmu ekonomi, Uni Mannheim berhasil menunjukan kompetensinya di disiplin ilmu ekonomi. Dari hasil penilaian CHE, Uni Mannheim menempati posisi pertama di disiplin ilmu Akuntansi dan Ekonomi. Selain itu Uni Mannheim juga berhasil meraih posisi 10 besar untuk disiplin ilmu Informatik (10) dan Ekonomi Informatik (3).

3. Karlsruher Institut für Technologie (KIT)
Uni Karlsruhe adalah pionir di bidang informatik di universitas-universitas di Jerman. 1969 Uni Karlsruhe mendirikan jurusan Diplom Informatika pertama di Jerman. Tiga tahun kemudian berdiri di Karlsruhe Fakultas Informatika pertama di Jerman.
Di disiplin ilmu Informatika Uni karlsruhe dan RWTH Aachen sama sama menempati posisi pertama. Selain itu Uni Karlsruhe menempati posisi 5 besar untuk disiplin ilmu: Tehnik Elektro (2), Tehnik Mesin (3) dan Ilmu Ekonomi tehnik (3).


4. Technische Uni München (TUM)
Pemerintah Jerman memberi pengakuan kepada TU München dalam dua hal: 1. TU München adalah salah satu dari tiga universitas pertama yang di support secara financial dalam program Exzellenz-Initiative. Yang kedua pemerintah Jerman mengakui TU München sebagai pendiri program "Existenzgründer-Initiative" atau disebut "Exist". Di universitas technik München mahasiswa dan professor tidak hanya meneliti tetapi juga memberikan infromasi dan konsultasi kepada perusahaan-perusahan yang membutuhkan. Oleh karena itu TU München mendirikan perusahaan TUM GmbH dimana mahasiswa dan para professor bekerja sebagai peneliti dan advisor. Perusahaan ini juga memberikan beasiswa loh.

TUM di tahun ini menempati posisi kedua di bidang Informatika Ekonomi. Selain itu TUM juga menepati posisi 5 besar di bidang: Informatika (3), Tehnik Elektro (3) Ilmu Pengetahuan Alam (2), Tehnik Mesin (2) dan peringkat ke 11 di bidang Akuntansi.

5. Ludwig-Maximilians-Universität München (LMU)
Gedung utama fakultas Hukum LMU
Konrad Adenauer, Theodor Heuss dan Gustav Heinemann adalah contoh alumnus LMU München: LMU München yang didirikan pada tahun 1472 adalah salah satu Universitas paling ternama di Jerman. Di rangking sekala internasional LMU tahun 2011 di beri predikat sebagai universitas terbaik Jerman. LMU terkenal dengan jurusan hukumnya yang juga di tahun ini berhasil menempati posisi pertama. Selain itu posisi 10 besar juga diraih untuk bidang: Akuntansi (2) Ilmu Pengetahuan Alam (3), Ilmu Ekonomi (5) dan Informatika (8)

6. Uni Köln
Universitas Köln adalah salah satu universitas tertua di Jerman. didirikan pada tahun 1388 Uni köln adalah universitas ke 4 yang didirikan di kekaisaran Jerman Romawi. Pada tahun 1798 Napoleon menutup universitas ini. Saat ini Uni Köln termasuk salah satu universitas yang di support pemerintah Jerman dalam programm Exzellenz-Initiative.

Tahun ini Uni Köln berhasil menempati posisi puncak di bidang ekonomi: Akuntansi (2) Hukum (5) Ilmu Ekonomi (4) dan Informatika Ekonomi (8)

7. Technische Uni Darmstadt
Universitas tehnik Darmstadt adalah salah satu universitas termuda di Jerman. Baru pada tahun 1997 TU Darmstadt mendapat gelar Universitas. Sebelumnya TU Darmstad adalah sekolah tinggi tehnik. Seperti namanya, universitas ini juga berhasil menempati posisi puncak di bidang-bidang tehnik: Informatika Ekonomi (1) Ekonomi ketehnikan (3) Informatika, Tehnik Elektro, dan Ilmu Pengetahuan Alam (4)

8. Uni Münster
Uni Münster atau lebih lengkap: Westfälische Wilhelms-Universität di dirikan pada tahun 1780. Universitas ini memiliki ambisi menjadi Universitas dengan integritas intradisiplinär secara menyeluruh. Bentuk upaya mereka adalah dengan membangun pusat penelitian yang mengakaitkan penelitian berbagai bidang dalam satu atap.

Uni Münster juga terkenal dengan jurusan hukumnya, yang tahun ini berhasil menempati posisi ke dua. Selain itu di bidang bidang: Informatika Ekonomi (9) Akuntansi (4) Ilmu Ekonomi (6)


9. Technische Uni Dresden
TU Dresden didirikan pada tahun 1821 sebagai Pusat pendidikan Tehnik. Pada tahun 1961 namanya ditingkatkan menjadi Universitas Tehnik. Universtias Dresden adalah salah satu Universitas ternama di Jerman dalam bidang tehnik.Uni Dresden adalah salah satu Universitas yang disupport oleh pemerintah Jerman dalam programm Exzellenz-Initiative.

Tahun ini TU Dresden menempati posisi puncak di bidang: Tehnik Mesin dan Informatika Ekonomi (5) Tehnik Elektro (9) Ekonomi ketehnikan (6) dan Ilmu Pengetahuan Alam (9)


10. Technische Uni Ilmenau
Di kota kecil ini berdiri salah satu universitas paling ternama Jerman, khususnya di bidang Informatika. Setelah bersatunya Jerman. TU Ilmenau mendirikan (1996) Jurusan Diplom pertama di bidang Tehnologi Media. Pada tahun 2006 TU Ilmenau adalah universitas pertama di Jerman yang berhasil memberi gelar Professor untuk bidang Komputer dan Permainan Komputer. Bagi kalian yang suka main games di komputer, TU Ilmenau adalah tempat yang tepat.

TU Ilmenau menempati posisi puncak untuk bidang: Informatika Ekonomi (4) Informatika (6) Tehnik Elektro (6) Tehnik Mesin (10) dan Ekonomi ketehnikan (7)

Itulah tadi profil sepuluh besar universitas terbaik di Jerman. Semoga informasi ini dapat membantu teman-teman dalam menentukan jurusan dan universitas yang akan kalian kunjungi di Jerman. Namun sekali lagi perbedaan antara satu universitas dengan universitas lainnya di Jerman tidaklah terlalu jauh satu sama lain. Berhasil lulus dari salah satu universitas di Jerman sudah merupakan prestasi yang besar. 

Kalau teman-teman ingin kuliah di Jerman, tapi ragu untuk memilih bimbingan murah dan yang terpercaya, teman-teman bisa kirim email ke zapato.syarif@gmail.com atau klick DISINI Jangan tertipu, Sekolah di Jerman itu Mudah dan Murah!



Beliebte Posts aus diesem Blog

Culture Shock! Pengalaman Pertama Melihat Wanita Telanjang Di Eropa.

Betul, temen-temen gak salah baca judul post ini. Di seri blogger posts kali ini saya ingin berbagi sedikit beberapa pengalaman kultur shock saya selama saya tinggal di Eropa. Well... pada saat menulis blog ini, saya sudah 10 tahun tinggal di Eropa, dengan kata lain, ada cukup banyak yang bisa saya ceritakan ke kalian.

Sebelum saya mulai cerita ini perlu saya ceritakan bahwa sebelum saya pergi ke Eropa, saya belum pernah melihat wanita telanjang sama sekali temen-temen, kecuali dari filem porno atau dari melihat orang gila di jalanan. Waktu berangkat ke Jerman usia saya masih 19 tahun. Kebayangkan bagaimana "culun" dan "cupu" nya saya pada wakut itu.



Pada hari itu di Jerman adalah musim panas. Suhu udara nya kurang lebih 35 derajat, suhu yang cukup tinggi untuk penduduk Eropa. Saya masih tinggal di pinggiran kota Stuttgart waktu itu. Kalau tidak salah, itu adalah bulan ke tiga saya tinggal di Jerman. Saya tinggal bersama keluarga asuh saya yang kebetulan adalah seo…

Pacaran Dengan Bule, seperti apa, dan bagaimana caranya?

Hallo temen-temen semua, pertama-tama saya mau minta maaf kalau judul di atas kurang berkenan. Tulisan ini hanyalah sekedar intermezzo buat kalian yang sedang berjuang untuk berangkat ke Eropa. 
Tapi tentunya tulisan kali ini bukan berarti iseng-iseng, mungkin ada di luar sana temen-temen yang sedang mencari jawaban atas pertanyaan diatas, who knows? Tema kita kali ini mungkin tidak banyak kaitannya dengan study di Jerman atau Au pair, akan tetapi seperti yang temen-temen pernah lihat sendiri, tidak jarang orang indonesia berpacaran atau bahkan menikah dengan orang asing. Mungkin ada dari kita yang penasaran seperti apa sih punya pacar bule? atau mungkin ada juga yang tidak suka dan cendrung berfikir negativ ketika melihat orang indonesia punya pasangan bule. Sebelum kita berperasangka yang macam-macam, ayo kita coba pelajari seperti apa sih punya pacar bule atau lebih tepatnya di konteks ini, orang Jerman.Pertama-tama untuk menyamakan persepsi, menurut kebanyakan orang, bule adalah: …

Wow dari TKI dan Aupair akhirnya saya menjadi Mahasiswa dan bekerja di Eropa, ini caranya.

Buat kalian yang bercita-cita untuk sekolah di luar negeri, namun punya kendala biaya, jangan khawatir, saya punya pengalaman yang sama dengan kalian.

Sebelum kalian membaca lebih lanjut, pesan saya satu dan ini memang sudah benar-benar terbukti dan saya adalah salah satu orang yang membuktikannya. 

Dimana ada kemauan disitu ada jalan. Selama kalian memiliki tekad yang kuat untuk meraih sesuatu dan kalian berusaha semaksimal mungkin, maka saya yakin kesuksesan hanya tinggal menunggu waktu.

Okey, memang saya sudah banyak bercerita tentang pengalaman saya ini, akan tetapi saya suka mengulang cerita ini, karena saya ingin kalian tidak patah semangat seandainya kalian belum kunjung mendapatkan apa yang kalian cita-citakan.



Saya mungkin bukan orang yang paling agamis yang pernah kalian temuin, akan tetapi selama saya menempuh kehidupan disini, saya banyak sekali merasakan adanya tangan-tangan tidak terlihat yang membantu saya dikala saya mengalami kesulitan. Bahkan sebenarnya tidak lama s…